10 Tempat Bersejarah Islam yang Wajib Dikunjungi

6. Masjid Jawatha

masjid jawatha
Sumber /Travel Adventures

Tempat bersejarah di Mekkah lainnya adalah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia.

Dikenal karena Masjid ini pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad pada saat berhasil direbut oleh kaum muslim kembali dari kaum Qarmatians.

Read More
banner 970x90

banner 728x90

Batu Hajar Aswad disimpan selama 22 tahun di Masjid Jawatha. Meski struktur bangunan ini sudah rapuh, masih banyak jamaah yang berkunjung kesini.

7. Menara Abraj Al Bait

menara abraj al bait
Sumber /Al Borj – Facility Management

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah.

Baca juga :  Tawaf dan Sa'i di Masjidil Haram Bisa Pakai Skuter Listrik

Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu.

8. Masjid Quba

masjid quba
Sumber /Islamic Landmarks

Masjid Quba adalah tempat ibadah pertama umat Islam yang dibangun Nabi Muhammad saat beliau hijrah ke Madinah. Masjid Quba dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1200 meter persegi.

Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Tempat ini memiliki keutamaan yakni siapapun yang mendatangi masjid ini dan salat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti menjalankan ibadah umroh.

9. Makam Al-Baqi

makam al baqi
Sumber /Navedz

Makam Al-Baqi ini merupakan pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah. Al-Baqi sendiri secara harfiah berarti kebun pohon.

Baca juga :  Lima Fakta Unik Kabupaten Banyumas

Tempat ini mendapat banyak perhatian karena merupakan tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat nabi yang telah gugur.

10. Masjid Bilal bin Rabbah

masjid bilal bin rabbah
Sumber Flickr/Matthew Jacob

Yang terakhir adalah Masjid Bilal bin Rabbah. Masjid Bilal bin Rabbah ini merupakan salah satu objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi.

Dinamakan Masjid Bilal bin Rabbah adalah karena konon katanya ini merupakan masjid yang menjadi tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah.

Bilal bin Rabbah adalah Muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak pada zaman Nabi yang menjaga aqidah walau harus mempertaruhkan nyawa.

Itulah 10 tempat bersejarah di tanah suci Mekkah, semoga adi refrensimu yang mau Umroh atau berlibur ke Tanah Suci.

Source : Tokopedia Travel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *