Daftar 10 Masjid Terbesar di Dunia, Indonesia Ada di Nomor 5

10 masjid terbesar di dunia
10 Masjid Terbesar di Dunia /Canva

5. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta ternyata termasuk masjid paling besar di dunia sekaligus masjid terbesar di Indonesia. Tak hanya besar, Masjid Istiqlal ini juga sangat mewah dan indah. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Soekarno dan direalisasikan oleh arsitek Frederich Silaban.

Pembangunan masjid ini sudah dilakukan sejak 24 Agustus 1951. Masjid ini dibangun menggunakan gaya modern dengan lantai dan dinding yang dilapisi marmer. Di masjid ini Anda bisa melihat menara dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Sebagai masjid terbesar, masjid ini dapat menampung sekitar 200 ribu orang.

Read More
banner 970x90

banner 728x90

6. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hasan II merupakan masjid terbesar di dunia yang ada di Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki luas bangunan mencapai 90.000 m2 dan bisa menampung sekitar 100.000 jamaah.

Baca juga :  Adab Makan dan Minum, Sesuai Sunnah

Masjid ini dibangun dekat Samudra Atlentik sehingga membuatnya seperti berada di tengah laut. Dari hal ini membuat banyak orang menyebut masjid ini sebagai “Singgasana Tuhan di Atas Air” atau “Masjid Terapung Terbesar di Dunia”.

7. Masjid Badshahi, Pakistan

Urutan masjid terbesar di dunia selanjutnya yaitu Masjid Badshashi di Lahore, Pakistan. Masjid ini dibangun pada tahun 1673. Masjid ini memiliki luas sekitar 298.672 m2 dan memiliki kapasitas sekitar 300.000 orang. Masjid ini sudah dibangun pada masa pemerintahan Raja Mughal ke-6 bernama Raja Aurangzeb Alamgair.

8. Masjid Jama’, India

Majid Jama’ ini dibangun pada tahun 1656. Letaknya ada di daerah Delhi Tua, India. Masjid ini memiliki luas 145.000 m2 dan berkapasitas sekitar 85.000 orang. Masjid ini dibangun pada dinasti Mughal tepatnya saat kekaisaran Shah Jahan.

9. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi

Masjid ini berdiri pada tahun 1996 di Kota Abu Dhabi yang merupakan ibu kota Kerjaan Uni Emirat Arab. Luas masjid ini sekitar 22.412 m2 dengan kapasitas sekitar 40.960 orang. Nama masjid ini diambil dari pemerintahan pertama Uni Emirat Arab yaitu Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Baca juga :  Tawaf dan Sa'i di Masjidil Haram Bisa Pakai Skuter Listrik

Masjid ini memiliki 82 kubah dengan lampu gantung terbuat dari emas 24 karat. Tak hanya itu, karpet masjid ini juga terbuat dari rajutan tangan terbesar di dunia.

10. Masjid Baitul Mukarram, Bangladesh

Masjid ini terletak di pusat Dhaka, ibu kota Bangladesh. Masjid Baitul Mukarram dibangun pada tahun 1960 dengan luas secara keseluruhan 40.000 m2 dengan kapasitas sekitar 40.000 orang.

Masjid ini juga termasuk yang paling besari di Bangladesh. Masjid ini berbentuk kubus yang menggambarkan pengaruh bentuk Ka’bah di Makkah. Sekitar Masjid Baitul Mukarram ada juga tenda dengan warna beragam yang menjadi tempat orang berjualan.

Itulah 10 masjid terbesar di dunia yang bisa menjadi destinasi wisata. Selain megah dan besar, masjid tersebut juga memiliki nilai sejarah masing-masing yang semakin memperkaya sejarah kebudayaan Islam dunia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *